DIY Charger Aki Mobil – budiesinfo.com

DIY Charger Aki Mobil

Penggunaan desktop PC sebagai mitra kerja sudah mulai tergantikan dengan laptop yang lebih portabel dan gawai  cerdas yang semakin memudahkan dalam mengerjakan sesuatu. Dus… pasti banyak CPU yang nganggur alias pensiun dari tugas rutinnya. Power Suplly yang ada pada CPU dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal, diantaranya untuk charger Aki bertegangan 12 Volt, baik aki motor maupun aki mobil. Jadi sewaktu-waktu aki motor atau aki mobil mengalami drop, kita sudah memiliki alat untuk mengisinya kembali agar bisa berfungsi normal.

Saya memiliki pengalaman menarik, yaitu bahwa beberapa bulan yang lalu sudah membuat charger aki. Namun charger itu belum juga digunakan, nah…. tiga hari yang lalu ketika akan menggunakan mobil untuk urusan Kartu Keluarga ke Kantor Dukcapil, kebingungan mencari kontak mobil. Setelah muter muter ternyata kontak mobil masih berada di dalam mobil dan posisi ON. Bisa dibayangkan, pasti aki akan drop.

Dengan menggunakan alat ukur kapasitas aki diketahui kapasitas aki tinggal 7%. Hal itu menyebabkan mobil tidak bisa distart. Untungnya beberapa bulan yang lalu sudah pernah memodifikasi power suplly komputer menjadi chrager aki. Dan benar,… setelah dicharge kurang lebih sekitar 15 menit, kapasitas aki menjadi 80%. Langsung saja tanpa mencabut charger mobil distart…. jreng…. Alhamdulillah bisa.

Karena masih ada rasa khawatir, jangan-jangan nanti setelah berhenti aki ngedrop lagi. Akhirnya charger di bawa ke kantor Dukcapil. Jarak rumah ke kantor Dukcapil sekitar 50km.  Selesai urusan dengan perasaan dag dig dug… mencoba start lagi dan jreng…. Alhamdulillah bisa. Rupanya sepanjang perjalanan pengisian aki berjalan normal dan aki masih bisa menyimpan daya dengan normal.

Berdasarkan cerita pengalaman ini, maka alangkah baiknya jika Anda yang memiliki power suplly yang tidak terpakai dibuat untuk charger…. siapa tahu akan mengalami hal yang mirip. Video tentang cara membuat charger dari PSU sudah banyak.. disini hanya berbagi cerita bahwa intinya charger aki 12Volt harus berasal dari charger setidaknya 14-15Volt.
Kabel yang digunakan untuk ngecas.. yaitu yang berwarna ORANGE (3,3V) sebagai kutub positif dan berwarna BIRU (-12V) sebagai kutub negatif. selamat mencoba semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.